REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM


Di era modern yang serba canggih seperti sekarang ini, kebutuhan masyarakat akan infromasi serta berita tentunya semakin kompleks, terlebih lagi setelah hadirnya internet dikehidupan masyarakat, dimana internet akan semakin memudahkan kita dalam mendapatkan informasi dan berita. Bila dulu sumber informasi hanya dapat kita dapatkan dari media televisi dan media cetak, maka kini dengan adanya media internet pelan tapi pasti akan menggeser kedua posisi tersebut sebagai sumber informasi. Berbagai alasan masyarakat yang lebih dominan menyukai internet sebagai sumber informasi mereka, salah satunya karena faktor praktis. Memang dari sisi praktis internet lebih unggul jika dibandingkan dengan media televisi maupun media cetak. Jika menggunakan internet, kita bisa mendapatkan informasi dan berita kapan saja dan dimana saja, cukup mengandalkan gadget dan koneksi internet kita sudah bisa mendapatkan informasi, namun berbeda jika menggunakan media televisi atau media cetak, keduanya sangat tidak praktis.

REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM
Media Televisi & Media Cetak

Oleh sebab itu, tidak heran jika media informasi di internet sangatlah banyak. Salah satunya adalah portal berita yang akan saya review kali ini yaitu Suara.com . Dalam postingan kali ini, saya tidak hanya me-review namun saya juga akan memberikan masukan serta saran untuk portal berita Suara.com dari kacamata pandang saya, sebagai pembaca setia Suara.com .

Pada review kali ini, saya hanya akan fokus mengenai desain dari portal berita Suara.com serta kanal utama Suara.com (News dan Bola). Berikut adalah review saya:

DESAIN SUARA.COM
Jika saya boleh memberi penilaian mengenai desain portal berita Suara.com, saya berikan nilai 90 dari 100. Mengapa hanya 90? Ya, karena menurut saya masih ada beberapa bagian yang belum sempurna dan harus diperbaiki lagi. Beberapa yang mungkin harus diperbaiki lagi, antara lain:
  1. Desain Responsive, saya melihat Suara.com dibagian responsive masih belum sempurna. Memang jika kita membuka menggunakan mobile device dan PC tampilan sudah cukup baik, tapi ketika saya membuka Suara.com melalui tablet phone ternyata masih ada tanda scroll di bawah browser saya. Ini menandakan bahwa desain dari Suara.com belum responsive, saran saya, desain harus responsive agar pembaca nyaman saat mengunjungi situs melalui device apa saja. Karena saya yakin setiap orang memiliki device yang berbeda-beda.

    REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM
    Suara.com responsive
  2. Kecepatan Loading Portal Suara.com, tidak hanya desain yang responsive, biasanya pembaca akan menyukai suatu website apabila website tersebut tidak membuatnya bosan saat dibuka. Memiliki loading website yang lama, biasanya pengunjung akan merasa tidak nyaman. Saya melihat untuk portal Suara.com sendiri, agak berat saat dibuka. Namun untuk yang sekarang juga tidak terlalu berat saat dibuka. Berikut nilai untuk Suara.com saat saya cek menggunakan tool speed test web.
    REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM
    Kecepatan loading Suara.com

  3. Penambahan Widget Newsticker, newsticker adalah sebuah widget yang umum dipasang pada sebuah situs bertema berita seperti Suara.com. Tapi saya melihat Suara.com belum memasang widget newsticker ini. Saran saya, pada bagian atas header, disebelah kiri samping tombol search dan social media, mungkin akan lebih menarik jika dipasang widget newsticker ini. Berikut contoh newsticker yang saya buat sendiri:
    REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM
    Contoh Newsticker
  4. Content Security, content security maksudnya adalah, sebuah pengamanan bagi pembaca itu sendiri saat membaca suatu artikel. Saya menyarankan untuk tim Suara.com memberikan pengamanan pada konten dewasa. Saat saya menjelajahi portal berita Suara.com saya menemukan berita yang mungkin tidak disarankan dibaca untuk anak yang masih dibawah umur. Berikut screenshotnya:
    Konten Dewasa
    Saran saya, untuk menambahkan semacam pop up peringatan saat pembaca mengklik judul yang mengandung unsur konten dewasa. Berikut contoh pop up peringatan yang saya buat sendiri:
    REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM
    Peringatan Konten Dewasa
  5. Tombol Share, saya sangat menyukai tombol share yang ada pada portal Suara.com . Tombol share ini sangat membantu pembaca yang ingin membagikan ke social media. Namun saran dari saya untuk mengecilkan ukuran tombol share, dan mungkin satu tombol share itu sudah cukup, bisa di atas artikel atau dibawah artikel.
    REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM
    Tombol share Suara.com
  6. Search Engine Optmization, dari sisi SEO, Suara.com sudah sangat SEO friendly. Ini terbukti saat saya cek di Google.com dengan keyword tertentu dan Suara.com tampil dihalaman pertama. Suara.com juga memiliki 6 sitelink artinya jumlah yang sangat sempurna. Bukan hanya SEO friendly Suara.com juga sangat user friendly.
    REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM
    Sitelink Suara.com
  7. Perpaduan Warna, perpeduan warna menurut saya sangat penting dalam sebuah desain, memilih warna yang tepat akan membuat mata kita nyaman saat melihat desain tersebut. Dari keseluruhan isi Suara.com saya menjumpai perpaduan warna yang menurut saya kurang srek dihati saya, yaitu pada bagian home page Suara.com. Berikut screenshotnya:
    REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM
    Perpaduan warna Suara.com
    Menurut saya, antara warna background kuning dengan warna hitam kurang sinkron, bagi saya akan terlihat tidak professional (pendapat saya pribadi). Mungkin bisa diganti dengan warna yang tidak mencolok seperti warna abu-abu.
Nah, review untuk desain Suara.com mungkin sudah cukup. Seperti janji saya diatas, bahwa saya juga akan me-review kanal utama Suara.com . Dua kanal utama yang akan saya review adalah News dan Bola, karena menurut saya dua kanal inilah yang menjadi favorit para pembaca. Berikut review saya mengenai kanal utama Suara.com news dan bola:

1. KANAL
Pada halaman News Suara.com, kita akan disuguhi dengan berita-berita yang yang memiliki 4 kategori, yaitu Nasional, Internasional, Sport serta Metropolitan. Jadi melalui halaman News, kita bisa membaca berita-berita di seluruh dunia. 
Untuk sisi desain, saran saya jangan terlalu panjang. Pada saat saya membuka Suara.com melalui laptop saya, saya harus meng-scroll sampai 3 kali agar saya bisa sampai ke bagian bawah halaman. Menurut saya ini menjadikan kurang nyaman. Sementara itu, pada bagian widget sidebar kanan, saya hanya melihat widget iklan dan popular tag, nah saran saya, mungkin bisa di tambah widget popular post supaya pembaca bisa mengetahui berita apa yang popular. Untuk kategori dari News sendiri juga mungkin bisa di tambah, misalnya menambahkan kategori baru yaitu tentang pendidikan.

REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM
Suara.com

2. KANAL

Berbeda dengan kanal News, jika pada kanal news menggunakan ciri khas warna merah, maka pada kenal bola menggunakan warna hijau. Ini menggambarkan seperti lapangan bola yang memiliki rumput warna hijau. Kanal ini merupakan salah satu kanal favorit yang sering di baca oleh para pengunjung. Tidak hanya memberikan kabar dalam kompetisi, pada kanal bola juga memberikan berita tentang jadwal pertandingan, top skor serta masih banyak lagi lainnya. Sepuluh submenu atau kategori melengkapi kanal bola, artikel yang berkualitas disajikan oleh Suara.com untuk pembaca semuanya. 
Untuk segi desain, sama seperti pada kanal News, yaitu memiliki halaman yang sangat panjang. Mungkin dengan memiliki halaman yang panjang akan ber-efek  terhadap kecepatan loading website saat dibuka. Saran saya, untuk mengurangi panjang halaman. Mungkin untuk bagian ketogori dihilangkan saja, karena link kategori juga sudah tersedia di menu navigasi. Untuk artikel berita saya lihat sudah cukup baik. Namun saya juga masih menjumpai tulisan yang kurang tepat dalam artikel berita tersebut, seperti penggunaan tanda baca yang kurang tepat, kata kurang baku. Saran saya, untuk tim redaktur dari Suara.com untuk selalu memperhatikan tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan EYD.

REVIEW SERTA SARAN UNTUK PORTAL BERITA SUARA.COM
Kanal Bola
NB: Saran untuk semua artikel pada portal berita Suara.com untuk menggunakan aligment justify (rata kanan – kiri). Mungkin dengan menggunakan aligment tersebut, tanpilan teks akan menjadi semakin terlihat rapi.

Setelah melihat kualitas dari portal berita Suara.com, maka saya dapat memberikan tagline yang tepat untuk Suara.com. Berikut tagline dari saya untuk Suara.com:
  1. JELAJAHI DUNIA MELALUI SUARA.COM, mengikuti perkembangan dunia mengenai informasi terkini dan berita terkini sangatlah mudah. Apalagi setelah hadirnya portal berita Suara.com yang menyajikan berita-berita dari nusantara hingga mancanegara. Topik yang dibahas sangat lengkap, diantaranya tentang bola, entertainment, lifestyle, otomotif dll. Hanya dengan satu portal saja kita sudah bisa menjelajahi dunia ini, karena bukan hanya didalam negri saja berita yang disajikan oleh Suara.com, namun berita mancanegara pun sudah tersaji di dalam portal berita ini.
  2. SOLUSI MEMBACA BERITA PRAKTIS, solusi membaca berita praktis hanya di Suara.com . Seperti yang kita ketahui semenjak hadirnya internet di kehidupan kita, mempermudah kita dalam mencari berbagai informasi. Semakin mudah apabila mencari informasi dan berita di Suara.com
  3. MENJAWAB KEBUTUHAN MASYARAKATSuara.com mampu menjawab kebutuhan informasi masyarakat luas. Karena di dalam portal berita Suara.com memiliki banyak kanal utama yang tersaji dengan berita-berita berkualitasnya.
  4. BERITA TERHANGAT DAN TERPERCAYASuara.com menyuguhkan berita-berita berkualitas kepada para pembacanya. Berita terhangat dan terpercaya yang menjadikan pembaca setianya betah lama-lama berada di portal Suara.com untuk membaca berita berkualitas.
  5. SUARA TERPERCAYA DAN TERAKTUAL, Suara.com adalah portal berita yang menyajikan berita-berita terpercaya dan teraktual pastinya. Semua berita yang disajikan merupakan berita yang berkualitas.
  6. UPDATE BERITAMU DI SUARA.COM, Mencari semua berita dalam negri maupun luar negri, sudah tersedia di Suara.com . Suara.com portal berita paling lengkap.
~~ Ke enam tagline dari saya diatas, bisa Anda pilih salah satunya jika Anda berminat memakai tagline dari saya ~~

Demikian untuk review portal berita Suara.com, review diatas tidak bermaksud menjelekan atau menjatuhkan pihak tertentu. Namun review saya ini hanya memberikan saran yang mudah-mudahan bermanfaat. Kesimpulan dari review diatas adalah, Suara.com adalah portal berita terlengkap, terpercaya, dan teraktual. Sampai jumpa di postingan berikutnya.



Artikel ini di ikutsertakan dalam lomba review dan tagline Suara.com .
Sumber Gambar:
  • Gambar ilustrasi adalah hasil karya sendiri dan juga hasil edit menggunakan Photoshop dan Corel Draw
  • Gambar lainnya merupakan hasil screenshot Suara.com

10 komentar:

  1. Kecepatan loading kayanya paling susah di deteksi ya bos, tahu sendiri layanan operatornya, dan layanan internet di indonesia, ga sesuai iklannya, mau tes speed kaya apa juga kalau jaringannya naik turun ga karu-karuan ya susah dapat nilai aktualnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul memang gan, kecepatan internet di Indonesia memang sangat memprihatinkan. Jaringannya pun masih jelek

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba amati lagi deh, jauh beda loh dengan aslinya

      Hapus
  3. umumnya para situs situs berita besar jarang memperhatikan berat loading mas, mereka menggunakan jaringan yang mumpuni sehingga tidak merasakan beban load dari situs tersebut, dan tidak mempertimbangkan para pembaca yang mungkin sangat kesulitan mengakses situs portal mereka dalam jangkauan jaringan yang di bawah rata rata

    BalasHapus
  4. benar gan, kecepatan loading harus diperbaiki lagi supaya pembaca lebih nyaman

    BalasHapus
  5. Gan review blog ane juga dong hehe
    www.coretan-uman.com

    BalasHapus
  6. Mereka pake wordpress meskipun iklan bejibun bisa diatur

    BalasHapus